Kontak Kami : ( +62 ) 816 1656 186
Senin - Sabtu : 10.00 - 15.00

Sports Section

Selasa, 18 November 2014

Jerawat


Jerawat adalah peradangan yang disebabkan oleh tersumbatnya pori-pori kulit dengan kotoran. Minyak yang dihasilkan oleh kelenjar bawah kulit kita bercampur dengan sel kulit mati dan bakteri. Adanya kotoran di wajah menyebabkan minyak berlebih tersebut tidak bisa keluar dengan lancar sehingga timbulah jerawat.

Ada beberapa jenis jerawat antara lain jerawat batu, jerawat biasa dan komedo. Jerawat tidak hanya menyerang wajah, tetapi jerawat bisa juga menyerang bagian tubuh lain seperti di bagian punggung, lengan atas dan dada. Ketika sel-sel kulit mati bercampur dengan debu atau kotoran, maka akan membentuk penyumbatan yang menjadi bintik hitam atau putih.

Penyebab timbulnya jerawat

Kosmetik

Jerawat bisa muncul karena berbagai sebab. Salah satunya adalah kesalahan dalam memilih kosmetik. Tampil cantik dengan produk kosmetik memang sangat membanggakan. Banyak produk kosmetik yang dapat dibeli dengan berbagai jenis dan merk. Namun anda perlu hati-hati dalam memilih produk kosmetik.

Menggunakan produk kosmetik yang tidak sesuai dengan jenis kulit wajah Anda bisa menimbulkan masalah, seperti kulit wajah memerah, rusak, timbul komedo dan jerawat. Jadi pastikan memilih produk kosmetik yang aman dan cocok dengan jenis kulit wajah Anda. Sebelum tidur biasakan untuk mencuci muka dengan benar agar sisa kosmetik yang menutupi lubang pori-pori di wajah hilang dengan sempurna.

Makanan

Selain kotoran dan kosmetik, makanan pun bisa menjadi pemicu timbulnya jerawat. Bagi sebagian orang dengan jenis kulit sensitif, makanan dapat menjadi penyebab timbulnya jerawat, namun jika jenis kulitnya normal mungkin tidak akan terlalu berpengaruh. Jika anda memiliki kulit yang sensitif terhadap suatu jenis makanan, maka anda harus menghindari makanan ini agar jerawat anda tidak semakin parah.

Pengaturan pola makan menjadi sesuatu yang penting untuk dilakukan agar anda terhindar dari jerawat. Makanan penyebab jerawat cukup banyak macamnya, mungkin salah satunya adalah makanan kegemaran anda. Jika memang benar, anda harus mulai menghapusnya dari daftar menu makan anda sehari-hari untuk mencegah jerawat datang kembali ke wajah anda.

Hindari Jenis Makanan Penyebab Jerawat dibawah ini.

1. Lemak

Makan banyak lemak dapat berpengaruh pada timbulnya jerawat. Timbunan lemak pada tubuh merupakan penyebab masalah gula darah. Ketika gula darah berfluktuatif, maka menyebabkan peningkatan reaksi horomonal cascading, yang dapat meningkatkan produksi sebum (minyak pada kulit) dan menutup pori-pori, yang menjadi penyebab utama jerawat.

Lebih dari itu, lemak memiliki efek jahat lainnya. Terlalu banyak lemak dalam aliran darah membuat nutrisi dan oksigen yang mengalir ke sel berjalan lambat. Efeknya, sel tidak dapat oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan. Keadaan ini yang memperparah kondisi jerawat.

2. Dairy Product (Produk Susu)


Dairy product merupakan jenis makanan yang mengandung susu, seperti susu kaleng, yoghurt, keju, cokelat dan es krim. Jika Anda berjerawat, makan makanan jenis ini dapat memperparah kondisinya.

Produk susu kebanyakan mengandung lemak yang tinggi. Seperti dijelaskan di atas, lemak dapat memicu jerawat. Alasan lainnya, susu diproduksi dari sapi hamil. Sapi yang hamil mengandung lebih banyak hormon. Sayangnya kelenjar kulit Anda mengandung enzim yang mengubah hormon tersebut menjadi DHT (dihydrotestosteron). DHT memicu peningkatan produksi sebum di kelenjar kulit. Jadi hormon dalam susu secara tidak langsung meningkatkan produksi sebum, yang tentu saja mengarah pada timbulnya jerawat.

3. Gula

Gula pasir (http://batamtoday.com)

Terutama gula pasir, yang menjadi pemicu timbulnya jerawat. Gula dengan cepat masuk ke dalam aliran darah dan meningkatkan gula darah yang membuat produksi lemak meningkat. Seperti di sebutkan di atas, lemak dapat memperparah kondisi jerawat.

4. Makanan dengan Glycemic Index Tinggi

Roti putih, pasta, cake dan sirup jagung merupakan salah satu penyebab timbulnya jerawat terutama bagi orang yang memiliki wajah berminyak. Makanan dengan kadar glycemic index tinggi bisa menyebabkan gula darah naik. Studi yang dilakukan di Australia menemukan bahwa mengonsumsi makanan dengan kadar glycemic index rendah bisa bantu kurangi jerawat. Jika wajah Anda berjerawat setelah makan french fries, mungkin itu disebabkan karena kandungan karbohidratnya, bukan minyak.

5. Alkohol
Minuman beralkohol bersifat diuretik, yaitu memicu keluarnya urin lebih sering. Semakin banyak minum, Anda akan makin dehidrasi. Alkohol juga 'menyerap' kelembaban alami dari kulit sehingga kerutan dan garis halus muncul lebih cepat.

6. Kafein

Sumber utama kafein adalah kopi, teh (hitam dan hijau), cokelat, soda, minuman berenergi dan obat penghilang rasa sakit (pain killer). Kafein menyebabkan dua masalah besar. Pertama meningkatkan kelenjar adrenalin untuk melepaskan hormon stres, yang dapat meningkatnya level stres. Terlalu banyak stres tidak baik tentu berpengaruh buruh pada kesehatan dan kulit.

Alsan kedua, kafein mengganggu tidur Anda. Bahkan jika Anda bisa tidur, kafein tidak membuat Anda tidur nyenyak. Tidur sangat penting untuk memperbaiki kondisi fisik dan detoksifikasi (pelepasan racun). Jika racun tidak terlepas dan kondisi tubuh tidak 'diperbaiki', maka kesehatan akan menurun dan jerawat dapat semakin parah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SHARETHIS